Sunscreen The Body Shop Skin Defence

Skin Defence Body Shop SPF50 : Sunscreen untuk Kulit Kering

Sunscreen untuk kulit kering ini maksudnya sunscreen yang mengandung pelembab. Sebenernya udah banyak brand sunscreen lotion yang katanya sudah mengandung pelembab. Entah juga, baru nyobain dua produk sunscreen so far.

Dulunya saya rutin banget menggunakan Glow Protect Lotion dari Vitamin C The Body Shop. Tapi tahun lalu kenalan dengan Skin Defence Body Shop SPF50 inih. Wauwww, abis itu udah deh, babai Glow Protect Lotion hehehe.

Review versi vlog sudah bisa disimak juga ya :

Gara-gara pakai Skin Defence Body Shop, seringnya tuh kalau siang-siang, krim pelembab wajah saya skip. Karena produk ini lumayan banget efek hidrasinya ke wajah ;). Menghemat waktu juga kaaaan, ngurang-ngurangin step yang harus dilakukan. :D.

Skin Defence Body Shop Multi Protection Lotion ini mengandung SPF 50 dan PA++++.

SPF? PA? Dan segabreng tanda plus (+) itu apaan ya? Jadi begini…

Pengertian SPF dan PA Serta Fungsinya

Angka yang muncul di belakang SPF, menunjukkan durasi lamanya proses penundaan proses sunburn pada kulit akibat sinar UVB (ultraviolet B).

Bila misalnya kulit wajah kita ternyata dalam jangka waktu 5 menit bisa mengalami sunburn, pemakaian sunscreen SPF50 akan menunda proses sunburn selama 50×5 = 250 menit (4 jam lebih).

Setelah 4 jam seharusnya sunscreen diaplikasikan ulang. Demikian juga setelah wajah terkena air, aplikasikan ulang lagi. Sunscreen ini mudah terbilas air.

Sedangkan tanda + yang muncul di belakang PA, menunjukkan kandungan angka PPD nya. PA = Protection of UVA, sedangkan PPD : Persistent Pigment Darkening.

Jadi jika SPF berasosiasi dengan UVB, maka PA berhubungan dengan UVA (ultraviolet A).

Angka PPD juga maksudnya mirip dengan angka SPF. Menunjukkan lamanya durasi penundaan akan efek buruk UVA terhadap kulit kita.

UVA efeknya lebih ke jangka panjang, misalnya punya kemampuan merusak struktur kulit, mempercepat tanda-tanda penuaan, even worse, bisa menyebabkan kanker kulit! Huhuhu.

Kalau tanda + cuma ada 1 maka PPDnya berada diantara 2 sampai 4. Maksudnya proses penundaan berlangsung selama 2 sampai 4 kali. Kalau tertulis PA++, berarti angka PPD 4 sampai 8. PA+++ menunjukkan angka PPD 8 hingga 16. Dan PA++++ berarti angka PPD di atas 16.

Produk Skin Defence Body Shop Multipurpose Lotion ini mengandung PA++++, memiliki kandungan PPD paling tinggi.

Sebaiknya kita memilih sunscreen yang berSPF sekaligus berPA. Biar bisa menangkis efek buruk dari UVB sekaligus UVA, yes?👌😊

Tekstur dari Skin Defence Sunscreen Lotion SPF 50+

Teksturnya seperti lotion pada umumnya, ringan dan encer sedikit. Water based dan warnanya putih bersih. Ini nih bedanya dengan sunscreen dari Vitamin C The Body Shop. Sunscreen lotion dari Vitamin C itu agak tebal dan lebih kental, jadi agak lama terserapnya.

Kalau sunscreen lotion dari Skin Defence The Body Shop ini nyaman, deh. Soalnya sedikit lebih cair jadi lebih gampang menyerap.

Kapan Digunakan dan Cara Penggunaan

Ayo diinget lagi urutan pemakaian skincarenya hehehe. Hafalin CTMP aja pokoknya :D, cleansing-toning-moisturizing-protection. Produk bersunscreen tentunya masuk dalam kategori PROTECTION.

Jadi digunakannya di tahap akhir. Biasanya setelah pelembab wajah. Karena sunscree lotion Skin Defence ini ada embel-embel pelembabnya, step menggunakan krim pelembab di skincare routine siang hari seringnya saya skip.

Cara penggunaan, cukup oleskan sebanyak dua ruas jari ke jari tengah dan jari manis. Lalu usapkan ke wajah sampai merata.

Kelebihan Sunscreen Lotion dari Skin Defence The Body Shop

1- Punya efek melembabkan yang cukup intens. Itulah makanya saya suka skip krim pelembab saking produk ini efek melembabkannya lumayan banget. Sekalian berhemat ya jadinya hihihi.

2- Lebih cepat menyerap daripada produk sunscreen lotion yang sebelumnya saya gunakan (yang dari Vitamin C The Body Shop) itu loh. Efek tekstur juga sih, ya.

3- Karena teksturnya yang water based, produk ini juga terbilang aman digunakan untuk kulit berminyak. Jadi jangan ragu untuk nyobain walau kalian kulitnya berminyak ;).

4- Packagingnya lebih mudah dibawa-bawa. Yup, modelnya tuh lebih tipis dan bentuknya persegi jadi enak diselipin ke dalam tas kecil yang biasanya dibawa kalau mau traveling.

Tapi sekarang udah juaraaaannggg banget traveling yang butuh gotong skinker aneka rupa ya :p. Pandemi bikin kita berkarat dalam rumah nih hahaha.

Kekurangan Produk Ini

1- Agak terlalu cair jadi gampang tumpah euy. Makanya kalau dipakai harus buru-buru ditemplokin ke kulit wajah sebelum tumpah hehehe.

2- Harga dikomplen mahal hahahaha. Emang nanggung sih ya The Body Shop ini. Dianggap mahal padahal sebenernya banyak produk premium yang lebih mahal.

Harga Produk

Untuk ukuran 40 ml seharga 399 ribu rupiah. Untuk ukuran 60 ml seharga 499 ribu rupiah. Mending beli yang 60 ml kalau dah cocok, yes?

============

Yak, segitu dulu kira-kira reviewnya. Pokoknya sunscreen ini sangat saya rekomendasikan untuk kulit kering deh ;). Selamat mencobaaaaa ^_^.